hormat grraakk..

hormat grraakk..
Google
 

Perusahaan Finlandia Hanya Kejar "Tax Holiday"

"Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memperingatkan sebuah perusahaan pengembang biodiesel asal Finlandia untuk memberikan kontribusi kepada Indonesia yang memasok bahan baku minyak sawit mentah.
Peringatan serius ini dilayangkan karena perusahaan tersebut menyedot bahan baku berupa minyak sawit dari Indonesia tetapi malah membangun pabrik di Singapura hanya karena mengejar insentif pembebasan pajak atau Tax Holiday"


Dari berita diatas saya ingin menyoroti dua hal, yaitu iklim investasi dan Tax Holiday.
Kenapa Singapura masih menawarkan tax holiday (selama 10-15 tahun pembebasan pajak). padahal katanya iklim investasi disana sudah baik dan sudah didukung oleh prasarana yang baik juga ? Sedangkan Indonesia yang notabene iklim investasinya masih kurang baik tidak menawarkan tax holiday. Indonesia hanya menawarkan insentif pajak kepada industri tertentu dan di daerah tertentu pula.

Menurut saya karena Singapura menyadari betul bahwa negara mereka tidak memiliki sumber daya alam, sehingga mereka sangat mengharapkan investasi untuk industri pengolahan, sementara Indonesia merasa kaya akan sumber daya alam, sehingga investor akan datang sendiri untuk menanamkan modalnya.

Jadi perlu gak Indonesia memberikan tax Holiday juga ? menurut saya tax holiday akan efektif jika iklim investasi di Indonesia sudah baik dan juga didukung oleh prasarana yang baik juga

1 comment:

Awang Riyadi said...

mas, kesimpulannya kok saya masih gak paham.

btw, saya minta tolong nih. anda punya list/daftar/apa aja ttg pajak,tarif,pungutan,dll. terkait CPO dan Biodiesel/Bioethanol?

saya sedang membuat final project untuk kuliah.

terimakasih sebelumnya..

awangriyadi@yahoo.com