hormat grraakk..

hormat grraakk..
Google
 

PENDAFTARAN NPWP DAN PKP

Sesuai dengan sistem self assessment maka Wajib Pajak mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) yang wilayahnya meliputi tempat tinggal atau kedudukan Wajib Pajak untuk diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);

Disamping melalui KPP atau KP4, pendaftaran NPWP juga dapat dilakukan melalui e-register, yaitu suatu cara pendaftaran NPWP melalui media elektronik on-line (internet).

Fungsi NPWP adalah :

-sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.
-sebagai identitas Wajib Pajak.
-menjaga ketetiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
-Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.

Dengan memiliki NPWP, Wajib Pajak memperoleh beberapa manfaat langsung lainnya, seperti : sebagai pembayaran pajak di muka (angsuran/kredit pajak) atas Fiskal Luar Negeri yang dibayar sewaktu Wajib Pajak bertolak ke Luar Negeri, memenuhi salah satu persyaratan ketika melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan salah satu syarat pembuatan Rekening Koran di bank-bank.

A.NPWP

NPWP adalah

nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Untuk memperoleh NPWP, Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada KPP, atau KP4 dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan administrasi yang diperlukan, atau dapat pula mendaftarkan diri secara on-line melalui e-register.

Syarat-syarat pendaftaran Wajib Pajak :

1.Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, dokumen yang diperlukan hanya berupa Fotokopi KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga.
2.Bagi Wajib Pajak Badan, dokumen yang diperlukan antara lain :
a.Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan;
b.Fotokopi KTP Pengurus; dan
c.Surat Keterangan Kegiatan Usaha dari Lurah.

Kepada Wajib Pajak diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) paling lambat pada hari kerja berikutnya dan Kartu NPWP diberikan paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan secara lengkap. Perlu diketahui masyarakat bahwa untuk pengurusan NPWP tersebut di atas TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

B.Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PPKP)

Setelah memperoleh NPWP, Wajib Pajak sebagai Pengusaha yang dikenakan PPN wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) pada KPP, KP4, atau dapat pula dilakukan secara on-line melalui e-register. Dalam rangka pengukuhan sebagai PKP tersebut maka akan dilakuan penelitian setempat mengenai keberadaan dan kegiatan usaha yang bersangkutan. Dengan dikukuhkannya Pengusaha sebagai PKP maka atas penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak, wajib diterbitkan Faktur Pajak.

79 comments:

ulibasa76 said...

Bagi perusahaan yang ingin mendaftar sebagai PKP, apakah ada persyaratan bahwa pajak-pajak tahun sebelumnya harus dibayarkan terlebih dahulu? Karena dalam kasus perusahaan saya, pada saat kami mau mengurus PKP kami belum pernah membayar pajak sama sekali, dan konsultan pajak kami mensyaratkan adanya pembayaran pajak dari tahun sebelumnya terlebih dahulu sebelum kami mengurus PKP. Benarkah harus seperti itu?

Catering E-Ha (Ibu Slamet) said...

pada intinya perusahan adalah wajib PKP, kecuali pengusaha kecil (batasannya omzet 600 juta, kalo belum berubah), nah mungkin nanti dilihat mulai tahun berapa sebenarnya perusahaan bapak sudah wajib PKP.

Anonymous said...

mas mau tanya nih soal NPWP, saya mempunyai NPWP ganda (2 NPWP atas nama saya). Yang pertama terdaftar di lampung, dan karena saya pindah ke tangerang saya mendaftar lagi (karena tidak tahu) di tangerang. Bagaimana caranya (detail) untuk menghapus salah satu NPWP ? Terima kasih

Anonymous said...

untuk hapus NPWP yg di lampung, mas patria tinggal bikin surat permohonan penghapusan NPWP ke KPP Lampung, dilampiri dengan NPWP yg bari di Tangerang.

Anonymous said...

Mas mau tanya lagi nih :
1. Sebenarnya fungsi Bank meminta NPWP kita jika kita mau apply kredit atau KPR untuk apa ? Saat ini saya belum sempat menghapus salah satu NPWP saya (NPWP ganda, satu di lampung, satunya lagi di tangerang).
2. Apakah ada efeknya jika pihak bank melakukan verifikasi/cek NPWP kita ?

3. Apakah prosedur permohonan penghapusan salah satu NPWP memerlukan waktu lama dan berbelit?

Terima kasih banyak.

Anonymous said...

mas patria:
1. fungsi bank minta NPWP adlah untuk cross check bagi pihak pajak, apakah pinjaman tersebut dilaporkan oleh WP dalam SPTnya atau tidak.
2. efeknya nanti ke pihak pajak, jika pinjaman itu tidak dilaporkan dalam SPT.
3. prosedur penghapusan biasanya cepet, selama NPWP yg mau dihapus tidak ada tunggakan pajaknya.

Anonymous said...

Terima kasih infonya mas,
Cuma saya bingung nih, pengennya sih NPWP yang tangerang mau dihapus, karena ingin mengalokasikan pajak ke daerah lampung saja. Tetapi saya sudah terlanjur apply KPR dengan NPWP yang di tangerang, dan sekarang lagi nunggu jawaban persetujuan dari pihak bank. Gimana baiknya ya, dihapus sekarang atau nunggu jawaban dari bank dulu

suwun...

Anonymous said...

mas patria, prinsipnya kita hanya punya 1 NPWP, dan disesuaikan dengan Lokasi kita sekarang, seharusnya dulu gak usah bikin NPWP lagi yg di tanggerang, tapi NPWP yg di lampung cukup minta dipindahkan ke tanggerang. kalo bisa dalam surat pengajuan ke bank yg NPWP tanggerang diganti sama NPWP lampung, terus yg NPWP tanggerang minta dihapuskan.

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

Anonymous said...

di sana ada fungsi 'Cari Kode Wilayah', yg harus kita isi data alamat kita mulai dari propinsi sampai kelurahan setelah itu baru kode wilayah akan muncul.

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Anonymous said...

saya baru di 2 minggu tinggal di jaktim. ingin mengurus npwp karena ada rencana ke jepang bulan 12. sedangkan ktp saya masih daerah asal saya di sidoarjo jatim.apa saya harus ganti ktp dulu?tempat kerja saya di jaktim.
Tio@jaktim

indonesiantax said...

KTP gak usah diganti pak, langsung aja ke kantor pajak di jatim, bisa kok daftarnya.

nonik said...

Yth. Bagian Perpajakan.
Dulu saya bekerja di perusahaan swasta di yogyakarta, saya di beri kartu NPWP. kemudian akhir tahun kemarin saya mengundurkan diri lalu menikah dan mencoba merintis usaha toko di lampung mulai bulan september ini. nah pertanyaan saya :
1. apakah kartu NPWP saya masih berlaku ?
2. apakah harus pindah daerah ? saya bertanya dengan bagian perpajakan yogya katanya pembayaran online... sedangkan saya bertanya dilampung katanya mesti buat NPWP baru... mana yang benar?
3. untuk menghemat biaya tidak perlu mengurus ke yogya apakah bisa mengurus di lampung?
thx

AIR ZAMZAM said...

Mas mau nanya nich, kita masukdi e registration kok macetnya di kode wilayah, kita search di kode wilayah nihill.... jadi tolong dikasih deh alamat yang menjelaskan mengenai kode wilayah , abisnya ketika mau ngisi kolom alamat udah nggak terdata.... maksaih.

Anonymous said...

mau nanya. jika omset perusahaan belum mencapai 600 jt, tapi sudah mengurus PKP, maka perusahaan wajib PPn gak?
jika perusahaan mempunyai 2 bidang usaha, dua pembukuan, apakah pelaporan pajaknya dipisah/gabung?
terima ksih

indonesiantax said...

@nonik: kartu NPWP nya masih berlaku selama belum minta penghapusan, tapi kalo sudah menikah dan suami punya NPWP, maka kita bisa pake NPWP suami, sedangkan NPWP yg lama minta dihapus saja.Tapi kalo tetap mau menggunakan NPWP sendiri, maka tinggal ajukan pemindahan alamat ke KPP di Lampung, thanaks
@airzamzam: diisinya mulai dari propinsi dan terus sampe kelurahan
@anonymus: kalo udah daftar sebagai PKP, maka wajib mungut PPN, sedangkan kalo ada 2 usaha untuk satu perusahaan, maka penghasilan dan biayanya tetap digabung

agung said...

Mas Mua tanya Nich Apakah Perusahaan atau Koperasi misalnya yg blm PKP tidak harus setor PPn atas penyerahn barang ke pihak ketiga/Pembeli

indonesiantax said...

to Agung : WP yg belum PKP, maka tidak boleh memungut PPN dalam melakukan penyerahan barang ke pembeli

Anonymous said...

Sy mw tax nih mas, d Indonesia skrg udah bisa cek NPWP secara online gak?
Soalx banyak skrg yg melakukan penipuan scra online dengan cara memasukkan NPWP perusahaanx yg "katax" valid...
Bagaimana cara cek kebenaranx itu mas?

Mohon infox...
Thanx...

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

sy pengurus koperasi karyawan yg belum PKP. nilai asset 1 tahun sdh mencapai 600jt lbh. sy bermaksud akan PKP, tapi belum tau konsekuensinya apa saja. banyak yg sarankan sy agar jgn PKP dulu karna beresiko. bisa diterangkan mas?

salam
hasan

Anonymous said...

pak,teman saya bru saja mmbuka sbuah PT. bbrpa hri yg lalu, saya dminta utk mnyetorkan pajak ppn ke KPP. tp trnyata, ktika saya melapor, aplikasi ditolak. krna ktidaktahuannya, trnyata teman saya blum mndaftarkan Pt nya sbg PKP. katanya, Prusahaan yg blm mmiliki PKP..tidak boleh mngeluarkan faktur Pajak. lalu, bagaimana nasib Faktur pajak yg sudh trlanjur dikeluarkan ?
trimakasih

Mercy said...

Apakah mengurus pkp ada yg ditolak? klo ya, sebabnya apa?

Esenzi said...

Pagi tetangga datang mau ngurus npwp khawatir bayar, browsing nyangkut di sini ternyata gratis. Trims Mas buat artikelnya.

definisi NPWP said...

makasih mas ijin dijadikan referensi ya

Upi said...

mas mau tanya ,, pada kasus PT baru nih, pt tersebut memiliki npwp dan rekening di bank pada Desember 2012 , namun belum PKP dan transaksi belum ada di tahun tersebut, apakah kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh perushaan baru tsb..

Pingky said...

Saya mau tanya pak. Waktu itu saya sdh membuat NPWP badan, namun untuk PKP nya baru mau saya ajukan. Kira2 untuk dokumen yang harus dilampirkan apa saja ya. Apakah dokumen yang saya lampirkan saat membuat NPWP badan berupa FC KTP & NPWP pemegang saham, keterangan domisili, FC akta pendirian,,, harus saya lampirkan kembali atau yang kurang2 saja?

niezam said...

Mas mau tanya..kalo saya penghasilan intinya sebenarnya sebagai karyawan, tapi, kebetulan saya punya usaha sampingan berupa rental mobil, kebetulan saat baru akan melakukan kontrak kerjasama sebagai penyedia transportasi dengan salah satu perusahaan, selama ini saya hanya membayar pajak dari penghasilan saya sbg karyawan bumn, omzet saya dari rental kurang dari 500jt/thn,tetapi perusahaan yg akan bekerjasama dengan rental sy ini meminta faktur pajak dari usaha saya...maksudnya seperti apa itu ya mas?

Anonymous said...

Bismillahirahmanirrahim, mencoba bantu menjawab.
@Upi selama usaha belum dijalankan, permohonan pengukuhan PKP tidak perlu dilakukan. Cukup mendaftarkan diri sebagai Wajip Pajak Badan, dengan kata lain memiliki NPWP Wajib Pajak Badan atas PT tersebut

Unknown said...

Untuk meningkatkan pendapatan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berencana akan membangun cabang di beberapa lokasi seperti di Palembang, Medan, Bali, Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Bambang Budi Hendarto, Wakil Direktur Utama Japfa mengatakan, tambahan cabang tersebut akan menaikkan kapasitas produksi DOC milik Japfa hingga 30%. Tahun ini, kapasitas produksi DOC Japfa sebesar 670 juta ekor.
Saat ini Japfa telah memiliki 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Kapasitas produksi Japfa tahun ini juga tumbuh 28,8% dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 520 juta ekor.
Bambang mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan produksi seiring dengan kenaikan konsumsi ayam nasional. Senagai contoh, tahun lalu rata-rata masyarakat hanya memakan daging ayam sebanyak 7 ekor-7,5 ekor perkapita/ tahun. Tahun ini, konsumsi ayam naik menjadi 8 ekor perkapita pertahun.
Japfa merupakan salah satu produsen besar di Indonesia. Perusahaan ini telah lama malang melintang di bidang peternakan. Tahun lalu, Market share yang dihasilkan Japfa mencapai 21% dari total produksi dalam negeri yan mencapai lebih dari 2 miliar ekor.
Proses pembangunan pabrik pakan cabang tersebut akan dimulai Juli 2013. Beberapa lokasi pabrik pakan adalah di wilayah Cikande, Sragen, Makassar, Banjarmasin, Padang dan Grobogan. Dengan pembangunan pabrik baru tersebut, kapasitas terpasang pakan ternak Japfa bakal meningkat 15% pada tahun depan dibandingkan target tahun ini sebanyak 3 juta ton.
Sementara itu, untuk pangsa pakan ternak Japfa mengklaim telah menguasai 21% dari pasar pakan ternak secara nasional pada tahun lalu. Catatan saja, konsumsi pakan ternak unggas secara nasional pada tahun lalu diperkirakan mencapai 12,7 juta ton, naik 12,3% dibandingkan tahun 2011 yang hanya 11,3 juta ton.
Bagaimana pendapat Anda tentang NPWP dan PKP PT Japfa Comfeed?

Anonymous said...

berapa biaya pendaftaran PKP?

Anonymous said...

@niezam : penghasilan 600jt/thn diwajibkan PKP yang mana pihak KPP berhak menerbitkan PKP untuk perusahaan dengan omset diatas 600jt/thn...untuk pendapatan dibawah 600jt/thn,perusahaan boleh minta dikukuhkan sebagai PKP sesuai persyaratan yang ditentukan...saran saya sebaiknya anda badan usaha seperti CV atau PT agar memudahkan anda dalam menghitung PPh tahunan..

@anonymus : pendaftaran PKP tidak dipungut biaya..

Pertanyaan lainnya bisa email ke saya di nizarro@ymail.com

Unknown said...

Mas saya baru proses buat siup nehh...saya udah punya usaha percetakan, serta bisnis hasil bumi berupa rumput laut, jagung kopi dan istri sembako, dan saya mengajukan pinjaman ke bank, syaratnya siup npwp dan sertifikat, nahh saya blm punya itu, kira2 buat npwp brapa mas..? Dan brapa saya kena pajaknya npwpnya..?? Bayar pajaknya pertahun apa perbulan mas,..?? Trimakasi jawabannya mas..mohon dijawab ya mas, trmks waktunya..emile: nyomansuwarte1986@gmail.com

Anonymous said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 100 jt??

Ari said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 600 jt??

KOMENG NOTE BOOK said...

APabila perusahaan saya sudah pnya NPWP dan ingin mendaftar lagi NPWP ke daerah lain apa itu bisa? mohon petunjuk..

Arvizu said...

mas mau nanya apabila perusahaan npwpnya belum keluar apa masih ada kewajiban membayar pajak ?? dan apabila membeli barang apa masih di kenakan pajak ?? kalau masih di kenakan pajak trus pajaknya buat siapa ??

Anonymous said...

Saya saat ini sedang mengurus PKP untuk CV. Saya sudah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. Seperti NPWP, akta notaris yg sudh disyahkan, TDP, SIUP, dll. Waktu saya serahkan berkas ke loket, untuk dicek tidak ada dibilang ada yang kurang lengkap.Dan saya diminta datang untuk ketemu dgn Bpk A, tapi beliaunya sedang keluar kota. Jadi diminta datang lusa. Pas saya datang hari lusa ketemu dgn Bpk A ini katanya saya harus bayar pajak Pasal 4 ayat 2 karena status kantor masih sewa. Apakah benar demikian harus ada yg dibayar? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Unknown said...

annyeong,mau nanya.kapan npwp dan nppkp dinyatakan tidak berlaku lagi dan apa sanksi bagi mreka yng tdak mndaftarkan diri untuk mmperoleh npwp dn npkp.makasih

Anonymous said...

Pajak di Tempat Kita memang rumit makanya
Kita Bingung mau jadi Warga yg baik...
Semoga bisa dipermudah yaa...

Unknown said...

Mas mau tanya, bagaimana kewajiban perpajakan bagi wanita yang telah menikah tapi memilih untuk menjalankan kewajiban perpajakannya terpisah dgn suami (mempertahankan npwp lamanya)? Tolong bantu jawab ya, makasih

Unknown said...

Mas mau tanya nih.
Bagi Perusahaan yg ingin mendaftar sbg PKP, ttp tmpt usahanya skrg msh dlm tahap pembangunan bgm ?

Apakah bisa ya ?

Tks

Tety Purnama Dewi said...

salam..
pak, saya memiliki bada usaha berbentuk CV yang menaungi 4 divisi.

divisi utama adalah lembaga pelatihan hipnoterapi
divisi kedua adalah klinik hipnoterapi
divisi ketiga adalah penyedia jasa hiburan magician, stage hipnotis dll
divisi keempat adalah jasa penyelenggaraan training untuk corporate dan public training.

pertanyaan nya adalah jika total omset belum mencapai 600jt dalam setahun, apakah yang harus saya laporkan atau lakukan ke kantor pajak?
dan apakah ada pajak yang harus saya bayar ?

terima kasih.

Tety Purnama Dewi said...

salam..
pak, saya memiliki bada usaha berbentuk CV yang menaungi 4 divisi.

divisi utama adalah lembaga pelatihan hipnoterapi
divisi kedua adalah klinik hipnoterapi
divisi ketiga adalah penyedia jasa hiburan magician, stage hipnotis dll
divisi keempat adalah jasa penyelenggaraan training untuk corporate dan public training.

pertanyaan nya adalah jika total omset belum mencapai 600jt dalam setahun, apakah yang harus saya laporkan atau lakukan ke kantor pajak?
dan apakah ada pajak yang harus saya bayar ?

terima kasih.

jasa konsultan pajak said...

tulisan serta ulasan tentang perpajakannya sangat membantu terbukti dengan banyaknya interaksi disini. kita semua pastinnya berharap akan banyak lagi ulasan tentang pajaknya pak
salam kenal pak
Arma
jasa konsultan pajak

Diana Putri said...

Thanks atas informasinya, sangat bermanfaat.

Unknown said...

cara liat npwp saya masih aktif atau ga gmn yah mas

jinkura said...

Maaf saya tanya..saya punya pt. Tapi belum pkp karena memang belum buat usaha selama itu saya juga tidak pernah laporan pajak pt ...sekarang saya mau buat usaha apakah syarat pembuatan pkp pakai laporan pajak

jinkura said...

Saya punya pt tapi tidak pernah buat usaha dan belum pkp,dan belum pernah laporan pajak....setelah beberapa tahun saya mau mengurus pkp...syaratnya apa ya..terimah kasih

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

Unknown said...

Halo semua,

Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya menawarkan pinjaman sebesar 2% ini adalah perusahaan yang sah dengan kehormatan dan perbedaan kami siap membantu Anda dalam masalah keuangan yang Anda kami menawarkan semua jenis pinjaman jadi jika Anda tertarik pada tawaran pinjaman ini silakan hubungi kami di email kami: rllender@hotmail.com

Juga menyediakan rincian tindak sehingga kita dapat melanjutkan dengan pinjaman segera.

nama:
Jumlah yang dibutuhkan:
durasi:
negara:
Tujuan pinjaman:
Gaji perbulan:
Nomor telepon:

Hubungi kami dengan rincian di atas pada email kami: rllender@hotmail.com

Salam untuk semua.

Unknown said...

Ayah saya pensiunan Dr perusahaan swasta nasional. Pada bulan september 2009 beliau pensiun .pada bulan desember 2009 ayah saya mendirikan cv lengkap dengan npwpx dn srt pengukuhan kena pajak pkp .ayah saya sebagai pengurus yaitu komisaris snek direktur adalah anaknya. Pertanyaan nya.... apakah ayah saya perlu mengubah surat keterangan terdaftar npwp dr karyawan menjadi pengusaha?

Unknown said...

Mau nanya.. kalau saya mau buka toko.. dan transaksi jual beli barang tgl 1 nov 2015. Tp pengukuhan pkp tanggal 2 nov 2015.. apakah bisa kami lapor pajak ppnnya?

Lady Mia said...

Selamat Tahun Baru semuanya,

Nama saya Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena buruk ekonomi di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan seorang teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda SANDRAOVIALOANFIRM kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Aris said...

Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

Unknown said...

Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Unknown said...

Ibu Isabel Johnson,
Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima terpercaya seperti yang saya akan senang untuk menawarkan pinjaman dari $ 10,000.00
usd ke $ 50.000.000,00 pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
isabelloancompany@gmail.com

Layanan yang disediakan meliputi:

* Perbaikan rumah
* Pinjaman Inventor
* Kredit Mobil
* Hutang Konsolidasi Pinjaman
* Line of Credit
* Kedua Pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman pribadi
* Pinjaman International.

Silakan menulis kembali jika Anda tertarik.
Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!)
  Saya harap Anda mengizinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda.
Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
isabelloancompany@gmail.com
Salam
Ibu Isabel.

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

"ISKANDAR LENDERS" said...

Hubungi kami:
                                            via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Theresia Widiyasari said...

KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

Harum Ahmadzulkifli ( Alhamdulillah, saya mendapat pinjaman Bisnis tanpa jaminan dari Rika Anderson Loan Company) said...

Saya Harum Ahmadzulkifli dari Filipina dan tinggal di George Town Penang, Malaysia. Saya ingin menyaksikan karya Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang yang mencari pinjaman di Asia, terutama Malaysia dan Filipina dan belahan dunia lainnya, karena kondisi ekonomi yang buruk di beberapa negara.

Saya telah menjadi korban penipuan kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mengedit dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara.

Seorang teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memberi tahu saya tentang kesaksian yang mereka lihat di media sosial dari Zulaikha Yugesh dari email zulaikhayugesh@gmail.com dan memperkenalkan saya pada pinjaman yang dapat dipercaya oleh pemasok, Ibu RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya juga memverifikasi dari penguji lain Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com, dan Bunda Margaretha Asmara dari Ambon di Indonesia email margarethaasmaran@gmail.com dan whatsapp +6282340185186.

Saya mendapat pinjaman sebesar RM250.000 mata uang Malaysia dari Rika Anderson Loan Corporation dengan mudah dalam waktu 24 jam yang saya gunakan, dan sekarang saya telah memutuskan untuk membagikan karya baik ibu Rika dalam keluarga saya. Jika Anda membutuhkan pemberi pinjaman gen.

silahkan hubungi Rika Anderson Loan Company melalui
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
e-mail: rikaandersonloancompany@gmail.com,
Whatsapp: +1(323)689-3663
Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui
email saya: harumahmadzulkifli@gmail.com

Pak. WIDODO said...

Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

EWITA YUDA said...

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

Solution said...

Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

Salam
THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

RASHID HUSAEN said...

Selamat Siang Semuanya!!!

Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

email: ( mariaalexander818@gmail.com )
whatsapp: (+1 254-276-8402 )

Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya

AMISHA CHAHAYA (amishachahaya8@gmail.com) said...

HARI BAIK UNTUK SEMUA!

Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya telah mencari perusahaan pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan mendirikan bisnis
yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya menceritakan semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa Dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman apa pun yang saya butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang sangat rendah, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia memberi tahu saya cara mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , saya melamar mereka di Email : ( mariaalexander818@gmail.com ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka ( mariaalexander818@gmail.com ) mereka tidak akan pernah gagal,

Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi segera hubungi ( mariaalexander818@gmail.com
) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman pinjaman Anda untuk tawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman saya dari perusahaan ini tanpa tekanan apapun.


MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
NOMOR HUBUNGI:+1 254-276-8402
WHATSAPP: +1 254-276-8402


Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

Terima kasih semua karena Anda mendengarkan kesaksian saya
Semoga ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.

RIKA NADIA said...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Teddy said...

Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddyteddy2234@gmail.com

Ny. SISKA WIBOWO said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

aditya.aulia139@gmail.com said...

COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
W/A::::::::::::::::::::::::::::\+6282274045059


Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah
mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: [aditya.aulia139@gmail.com] dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: [mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

SURYANTO SURYANTO said...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)