hormat grraakk..

hormat grraakk..
Google
 

PENDAFTARAN NPWP DAN PKP

Sesuai dengan sistem self assessment maka Wajib Pajak mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) yang wilayahnya meliputi tempat tinggal atau kedudukan Wajib Pajak untuk diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);

Disamping melalui KPP atau KP4, pendaftaran NPWP juga dapat dilakukan melalui e-register, yaitu suatu cara pendaftaran NPWP melalui media elektronik on-line (internet).

Fungsi NPWP adalah :

-sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.
-sebagai identitas Wajib Pajak.
-menjaga ketetiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
-Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.

Dengan memiliki NPWP, Wajib Pajak memperoleh beberapa manfaat langsung lainnya, seperti : sebagai pembayaran pajak di muka (angsuran/kredit pajak) atas Fiskal Luar Negeri yang dibayar sewaktu Wajib Pajak bertolak ke Luar Negeri, memenuhi salah satu persyaratan ketika melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan salah satu syarat pembuatan Rekening Koran di bank-bank.

A.NPWP

NPWP adalah

nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Untuk memperoleh NPWP, Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada KPP, atau KP4 dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan administrasi yang diperlukan, atau dapat pula mendaftarkan diri secara on-line melalui e-register.

Syarat-syarat pendaftaran Wajib Pajak :

1.Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, dokumen yang diperlukan hanya berupa Fotokopi KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga.
2.Bagi Wajib Pajak Badan, dokumen yang diperlukan antara lain :
a.Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan;
b.Fotokopi KTP Pengurus; dan
c.Surat Keterangan Kegiatan Usaha dari Lurah.

Kepada Wajib Pajak diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) paling lambat pada hari kerja berikutnya dan Kartu NPWP diberikan paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan secara lengkap. Perlu diketahui masyarakat bahwa untuk pengurusan NPWP tersebut di atas TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

B.Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PPKP)

Setelah memperoleh NPWP, Wajib Pajak sebagai Pengusaha yang dikenakan PPN wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) pada KPP, KP4, atau dapat pula dilakukan secara on-line melalui e-register. Dalam rangka pengukuhan sebagai PKP tersebut maka akan dilakuan penelitian setempat mengenai keberadaan dan kegiatan usaha yang bersangkutan. Dengan dikukuhkannya Pengusaha sebagai PKP maka atas penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak, wajib diterbitkan Faktur Pajak.

41 comments:

ulibasa76 said...

Bagi perusahaan yang ingin mendaftar sebagai PKP, apakah ada persyaratan bahwa pajak-pajak tahun sebelumnya harus dibayarkan terlebih dahulu? Karena dalam kasus perusahaan saya, pada saat kami mau mengurus PKP kami belum pernah membayar pajak sama sekali, dan konsultan pajak kami mensyaratkan adanya pembayaran pajak dari tahun sebelumnya terlebih dahulu sebelum kami mengurus PKP. Benarkah harus seperti itu?

Fery Corly said...

pada intinya perusahan adalah wajib PKP, kecuali pengusaha kecil (batasannya omzet 600 juta, kalo belum berubah), nah mungkin nanti dilihat mulai tahun berapa sebenarnya perusahaan bapak sudah wajib PKP.

patria giri said...

mas mau tanya nih soal NPWP, saya mempunyai NPWP ganda (2 NPWP atas nama saya). Yang pertama terdaftar di lampung, dan karena saya pindah ke tangerang saya mendaftar lagi (karena tidak tahu) di tangerang. Bagaimana caranya (detail) untuk menghapus salah satu NPWP ? Terima kasih

IndonesianTax said...

untuk hapus NPWP yg di lampung, mas patria tinggal bikin surat permohonan penghapusan NPWP ke KPP Lampung, dilampiri dengan NPWP yg bari di Tangerang.

patria giri said...

Mas mau tanya lagi nih :
1. Sebenarnya fungsi Bank meminta NPWP kita jika kita mau apply kredit atau KPR untuk apa ? Saat ini saya belum sempat menghapus salah satu NPWP saya (NPWP ganda, satu di lampung, satunya lagi di tangerang).
2. Apakah ada efeknya jika pihak bank melakukan verifikasi/cek NPWP kita ?

3. Apakah prosedur permohonan penghapusan salah satu NPWP memerlukan waktu lama dan berbelit?

Terima kasih banyak.

IndonesianTax said...

mas patria:
1. fungsi bank minta NPWP adlah untuk cross check bagi pihak pajak, apakah pinjaman tersebut dilaporkan oleh WP dalam SPTnya atau tidak.
2. efeknya nanti ke pihak pajak, jika pinjaman itu tidak dilaporkan dalam SPT.
3. prosedur penghapusan biasanya cepet, selama NPWP yg mau dihapus tidak ada tunggakan pajaknya.

patria giri said...

Terima kasih infonya mas,
Cuma saya bingung nih, pengennya sih NPWP yang tangerang mau dihapus, karena ingin mengalokasikan pajak ke daerah lampung saja. Tetapi saya sudah terlanjur apply KPR dengan NPWP yang di tangerang, dan sekarang lagi nunggu jawaban persetujuan dari pihak bank. Gimana baiknya ya, dihapus sekarang atau nunggu jawaban dari bank dulu

suwun...

IndonesianTax said...

mas patria, prinsipnya kita hanya punya 1 NPWP, dan disesuaikan dengan Lokasi kita sekarang, seharusnya dulu gak usah bikin NPWP lagi yg di tanggerang, tapi NPWP yg di lampung cukup minta dipindahkan ke tanggerang. kalo bisa dalam surat pengajuan ke bank yg NPWP tanggerang diganti sama NPWP lampung, terus yg NPWP tanggerang minta dihapuskan.

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

IndonesianTax said...

di sana ada fungsi 'Cari Kode Wilayah', yg harus kita isi data alamat kita mulai dari propinsi sampai kelurahan setelah itu baru kode wilayah akan muncul.

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Anonymous said...

saya baru di 2 minggu tinggal di jaktim. ingin mengurus npwp karena ada rencana ke jepang bulan 12. sedangkan ktp saya masih daerah asal saya di sidoarjo jatim.apa saya harus ganti ktp dulu?tempat kerja saya di jaktim.
Tio@jaktim

indonesiantax said...

KTP gak usah diganti pak, langsung aja ke kantor pajak di jatim, bisa kok daftarnya.

nonik said...

Yth. Bagian Perpajakan.
Dulu saya bekerja di perusahaan swasta di yogyakarta, saya di beri kartu NPWP. kemudian akhir tahun kemarin saya mengundurkan diri lalu menikah dan mencoba merintis usaha toko di lampung mulai bulan september ini. nah pertanyaan saya :
1. apakah kartu NPWP saya masih berlaku ?
2. apakah harus pindah daerah ? saya bertanya dengan bagian perpajakan yogya katanya pembayaran online... sedangkan saya bertanya dilampung katanya mesti buat NPWP baru... mana yang benar?
3. untuk menghemat biaya tidak perlu mengurus ke yogya apakah bisa mengurus di lampung?
thx

AIR ZAMZAM said...

Mas mau nanya nich, kita masukdi e registration kok macetnya di kode wilayah, kita search di kode wilayah nihill.... jadi tolong dikasih deh alamat yang menjelaskan mengenai kode wilayah , abisnya ketika mau ngisi kolom alamat udah nggak terdata.... maksaih.

Anonymous said...

mau nanya. jika omset perusahaan belum mencapai 600 jt, tapi sudah mengurus PKP, maka perusahaan wajib PPn gak?
jika perusahaan mempunyai 2 bidang usaha, dua pembukuan, apakah pelaporan pajaknya dipisah/gabung?
terima ksih

indonesiantax said...

@nonik: kartu NPWP nya masih berlaku selama belum minta penghapusan, tapi kalo sudah menikah dan suami punya NPWP, maka kita bisa pake NPWP suami, sedangkan NPWP yg lama minta dihapus saja.Tapi kalo tetap mau menggunakan NPWP sendiri, maka tinggal ajukan pemindahan alamat ke KPP di Lampung, thanaks
@airzamzam: diisinya mulai dari propinsi dan terus sampe kelurahan
@anonymus: kalo udah daftar sebagai PKP, maka wajib mungut PPN, sedangkan kalo ada 2 usaha untuk satu perusahaan, maka penghasilan dan biayanya tetap digabung

agung said...

Mas Mua tanya Nich Apakah Perusahaan atau Koperasi misalnya yg blm PKP tidak harus setor PPn atas penyerahn barang ke pihak ketiga/Pembeli

indonesiantax said...

to Agung : WP yg belum PKP, maka tidak boleh memungut PPN dalam melakukan penyerahan barang ke pembeli

Anonymous said...

Sy mw tax nih mas, d Indonesia skrg udah bisa cek NPWP secara online gak?
Soalx banyak skrg yg melakukan penipuan scra online dengan cara memasukkan NPWP perusahaanx yg "katax" valid...
Bagaimana cara cek kebenaranx itu mas?

Mohon infox...
Thanx...

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

sy pengurus koperasi karyawan yg belum PKP. nilai asset 1 tahun sdh mencapai 600jt lbh. sy bermaksud akan PKP, tapi belum tau konsekuensinya apa saja. banyak yg sarankan sy agar jgn PKP dulu karna beresiko. bisa diterangkan mas?

salam
hasan

Anonymous said...

pak,teman saya bru saja mmbuka sbuah PT. bbrpa hri yg lalu, saya dminta utk mnyetorkan pajak ppn ke KPP. tp trnyata, ktika saya melapor, aplikasi ditolak. krna ktidaktahuannya, trnyata teman saya blum mndaftarkan Pt nya sbg PKP. katanya, Prusahaan yg blm mmiliki PKP..tidak boleh mngeluarkan faktur Pajak. lalu, bagaimana nasib Faktur pajak yg sudh trlanjur dikeluarkan ?
trimakasih

Mercy said...

Apakah mengurus pkp ada yg ditolak? klo ya, sebabnya apa?

Esenzi said...

Pagi tetangga datang mau ngurus npwp khawatir bayar, browsing nyangkut di sini ternyata gratis. Trims Mas buat artikelnya.

definisi NPWP said...

makasih mas ijin dijadikan referensi ya

Upi said...

mas mau tanya ,, pada kasus PT baru nih, pt tersebut memiliki npwp dan rekening di bank pada Desember 2012 , namun belum PKP dan transaksi belum ada di tahun tersebut, apakah kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh perushaan baru tsb..

Pingky said...

Saya mau tanya pak. Waktu itu saya sdh membuat NPWP badan, namun untuk PKP nya baru mau saya ajukan. Kira2 untuk dokumen yang harus dilampirkan apa saja ya. Apakah dokumen yang saya lampirkan saat membuat NPWP badan berupa FC KTP & NPWP pemegang saham, keterangan domisili, FC akta pendirian,,, harus saya lampirkan kembali atau yang kurang2 saja?

niezam said...

Mas mau tanya..kalo saya penghasilan intinya sebenarnya sebagai karyawan, tapi, kebetulan saya punya usaha sampingan berupa rental mobil, kebetulan saat baru akan melakukan kontrak kerjasama sebagai penyedia transportasi dengan salah satu perusahaan, selama ini saya hanya membayar pajak dari penghasilan saya sbg karyawan bumn, omzet saya dari rental kurang dari 500jt/thn,tetapi perusahaan yg akan bekerjasama dengan rental sy ini meminta faktur pajak dari usaha saya...maksudnya seperti apa itu ya mas?

Anonymous said...

Bismillahirahmanirrahim, mencoba bantu menjawab.
@Upi selama usaha belum dijalankan, permohonan pengukuhan PKP tidak perlu dilakukan. Cukup mendaftarkan diri sebagai Wajip Pajak Badan, dengan kata lain memiliki NPWP Wajib Pajak Badan atas PT tersebut

Darwin Sitanggang said...

Untuk meningkatkan pendapatan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berencana akan membangun cabang di beberapa lokasi seperti di Palembang, Medan, Bali, Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Bambang Budi Hendarto, Wakil Direktur Utama Japfa mengatakan, tambahan cabang tersebut akan menaikkan kapasitas produksi DOC milik Japfa hingga 30%. Tahun ini, kapasitas produksi DOC Japfa sebesar 670 juta ekor.
Saat ini Japfa telah memiliki 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Kapasitas produksi Japfa tahun ini juga tumbuh 28,8% dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 520 juta ekor.
Bambang mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan produksi seiring dengan kenaikan konsumsi ayam nasional. Senagai contoh, tahun lalu rata-rata masyarakat hanya memakan daging ayam sebanyak 7 ekor-7,5 ekor perkapita/ tahun. Tahun ini, konsumsi ayam naik menjadi 8 ekor perkapita pertahun.
Japfa merupakan salah satu produsen besar di Indonesia. Perusahaan ini telah lama malang melintang di bidang peternakan. Tahun lalu, Market share yang dihasilkan Japfa mencapai 21% dari total produksi dalam negeri yan mencapai lebih dari 2 miliar ekor.
Proses pembangunan pabrik pakan cabang tersebut akan dimulai Juli 2013. Beberapa lokasi pabrik pakan adalah di wilayah Cikande, Sragen, Makassar, Banjarmasin, Padang dan Grobogan. Dengan pembangunan pabrik baru tersebut, kapasitas terpasang pakan ternak Japfa bakal meningkat 15% pada tahun depan dibandingkan target tahun ini sebanyak 3 juta ton.
Sementara itu, untuk pangsa pakan ternak Japfa mengklaim telah menguasai 21% dari pasar pakan ternak secara nasional pada tahun lalu. Catatan saja, konsumsi pakan ternak unggas secara nasional pada tahun lalu diperkirakan mencapai 12,7 juta ton, naik 12,3% dibandingkan tahun 2011 yang hanya 11,3 juta ton.
Bagaimana pendapat Anda tentang NPWP dan PKP PT Japfa Comfeed?

Anonymous said...

berapa biaya pendaftaran PKP?

Anonymous said...

@niezam : penghasilan 600jt/thn diwajibkan PKP yang mana pihak KPP berhak menerbitkan PKP untuk perusahaan dengan omset diatas 600jt/thn...untuk pendapatan dibawah 600jt/thn,perusahaan boleh minta dikukuhkan sebagai PKP sesuai persyaratan yang ditentukan...saran saya sebaiknya anda badan usaha seperti CV atau PT agar memudahkan anda dalam menghitung PPh tahunan..

@anonymus : pendaftaran PKP tidak dipungut biaya..

Pertanyaan lainnya bisa email ke saya di nizarro@ymail.com

nyoman suwarte said...

Mas saya baru proses buat siup nehh...saya udah punya usaha percetakan, serta bisnis hasil bumi berupa rumput laut, jagung kopi dan istri sembako, dan saya mengajukan pinjaman ke bank, syaratnya siup npwp dan sertifikat, nahh saya blm punya itu, kira2 buat npwp brapa mas..? Dan brapa saya kena pajaknya npwpnya..?? Bayar pajaknya pertahun apa perbulan mas,..?? Trimakasi jawabannya mas..mohon dijawab ya mas, trmks waktunya..emile: nyomansuwarte1986@gmail.com

Anonymous said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 100 jt??

Ari said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 600 jt??

KOMENG NOTE BOOK said...

APabila perusahaan saya sudah pnya NPWP dan ingin mendaftar lagi NPWP ke daerah lain apa itu bisa? mohon petunjuk..

Arvizu said...

mas mau nanya apabila perusahaan npwpnya belum keluar apa masih ada kewajiban membayar pajak ?? dan apabila membeli barang apa masih di kenakan pajak ?? kalau masih di kenakan pajak trus pajaknya buat siapa ??