hormat grraakk..

hormat grraakk..
Google
 

PENDAFTARAN NPWP DAN PKP

Sesuai dengan sistem self assessment maka Wajib Pajak mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) yang wilayahnya meliputi tempat tinggal atau kedudukan Wajib Pajak untuk diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);

Disamping melalui KPP atau KP4, pendaftaran NPWP juga dapat dilakukan melalui e-register, yaitu suatu cara pendaftaran NPWP melalui media elektronik on-line (internet).

Fungsi NPWP adalah :

-sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.
-sebagai identitas Wajib Pajak.
-menjaga ketetiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
-Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.

Dengan memiliki NPWP, Wajib Pajak memperoleh beberapa manfaat langsung lainnya, seperti : sebagai pembayaran pajak di muka (angsuran/kredit pajak) atas Fiskal Luar Negeri yang dibayar sewaktu Wajib Pajak bertolak ke Luar Negeri, memenuhi salah satu persyaratan ketika melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan salah satu syarat pembuatan Rekening Koran di bank-bank.

A.NPWP

NPWP adalah

nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Untuk memperoleh NPWP, Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada KPP, atau KP4 dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan administrasi yang diperlukan, atau dapat pula mendaftarkan diri secara on-line melalui e-register.

Syarat-syarat pendaftaran Wajib Pajak :

1.Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, dokumen yang diperlukan hanya berupa Fotokopi KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga.
2.Bagi Wajib Pajak Badan, dokumen yang diperlukan antara lain :
a.Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan;
b.Fotokopi KTP Pengurus; dan
c.Surat Keterangan Kegiatan Usaha dari Lurah.

Kepada Wajib Pajak diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) paling lambat pada hari kerja berikutnya dan Kartu NPWP diberikan paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan secara lengkap. Perlu diketahui masyarakat bahwa untuk pengurusan NPWP tersebut di atas TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

B.Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PPKP)

Setelah memperoleh NPWP, Wajib Pajak sebagai Pengusaha yang dikenakan PPN wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) pada KPP, KP4, atau dapat pula dilakukan secara on-line melalui e-register. Dalam rangka pengukuhan sebagai PKP tersebut maka akan dilakuan penelitian setempat mengenai keberadaan dan kegiatan usaha yang bersangkutan. Dengan dikukuhkannya Pengusaha sebagai PKP maka atas penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak, wajib diterbitkan Faktur Pajak.

63 comments:

ulibasa76 said...

Bagi perusahaan yang ingin mendaftar sebagai PKP, apakah ada persyaratan bahwa pajak-pajak tahun sebelumnya harus dibayarkan terlebih dahulu? Karena dalam kasus perusahaan saya, pada saat kami mau mengurus PKP kami belum pernah membayar pajak sama sekali, dan konsultan pajak kami mensyaratkan adanya pembayaran pajak dari tahun sebelumnya terlebih dahulu sebelum kami mengurus PKP. Benarkah harus seperti itu?

Fery Corly said...

pada intinya perusahan adalah wajib PKP, kecuali pengusaha kecil (batasannya omzet 600 juta, kalo belum berubah), nah mungkin nanti dilihat mulai tahun berapa sebenarnya perusahaan bapak sudah wajib PKP.

patria giri said...

mas mau tanya nih soal NPWP, saya mempunyai NPWP ganda (2 NPWP atas nama saya). Yang pertama terdaftar di lampung, dan karena saya pindah ke tangerang saya mendaftar lagi (karena tidak tahu) di tangerang. Bagaimana caranya (detail) untuk menghapus salah satu NPWP ? Terima kasih

IndonesianTax said...

untuk hapus NPWP yg di lampung, mas patria tinggal bikin surat permohonan penghapusan NPWP ke KPP Lampung, dilampiri dengan NPWP yg bari di Tangerang.

patria giri said...

Mas mau tanya lagi nih :
1. Sebenarnya fungsi Bank meminta NPWP kita jika kita mau apply kredit atau KPR untuk apa ? Saat ini saya belum sempat menghapus salah satu NPWP saya (NPWP ganda, satu di lampung, satunya lagi di tangerang).
2. Apakah ada efeknya jika pihak bank melakukan verifikasi/cek NPWP kita ?

3. Apakah prosedur permohonan penghapusan salah satu NPWP memerlukan waktu lama dan berbelit?

Terima kasih banyak.

IndonesianTax said...

mas patria:
1. fungsi bank minta NPWP adlah untuk cross check bagi pihak pajak, apakah pinjaman tersebut dilaporkan oleh WP dalam SPTnya atau tidak.
2. efeknya nanti ke pihak pajak, jika pinjaman itu tidak dilaporkan dalam SPT.
3. prosedur penghapusan biasanya cepet, selama NPWP yg mau dihapus tidak ada tunggakan pajaknya.

patria giri said...

Terima kasih infonya mas,
Cuma saya bingung nih, pengennya sih NPWP yang tangerang mau dihapus, karena ingin mengalokasikan pajak ke daerah lampung saja. Tetapi saya sudah terlanjur apply KPR dengan NPWP yang di tangerang, dan sekarang lagi nunggu jawaban persetujuan dari pihak bank. Gimana baiknya ya, dihapus sekarang atau nunggu jawaban dari bank dulu

suwun...

IndonesianTax said...

mas patria, prinsipnya kita hanya punya 1 NPWP, dan disesuaikan dengan Lokasi kita sekarang, seharusnya dulu gak usah bikin NPWP lagi yg di tanggerang, tapi NPWP yg di lampung cukup minta dipindahkan ke tanggerang. kalo bisa dalam surat pengajuan ke bank yg NPWP tanggerang diganti sama NPWP lampung, terus yg NPWP tanggerang minta dihapuskan.

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

Anonymous said...

jika mendaftar via e-registration tdk menemukan kode wilayah tempat tinggal kita, bagaimana cara mendaftarkannya??

IndonesianTax said...

di sana ada fungsi 'Cari Kode Wilayah', yg harus kita isi data alamat kita mulai dari propinsi sampai kelurahan setelah itu baru kode wilayah akan muncul.

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Info_kerinci said...

gimana online? umumnya masyarakat mengatasi masalah yang muncul seperti dimintanya NPWP pusat, semuanya memasalahkan hal tersebut?

Anonymous said...

saya baru di 2 minggu tinggal di jaktim. ingin mengurus npwp karena ada rencana ke jepang bulan 12. sedangkan ktp saya masih daerah asal saya di sidoarjo jatim.apa saya harus ganti ktp dulu?tempat kerja saya di jaktim.
Tio@jaktim

indonesiantax said...

KTP gak usah diganti pak, langsung aja ke kantor pajak di jatim, bisa kok daftarnya.

nonik said...

Yth. Bagian Perpajakan.
Dulu saya bekerja di perusahaan swasta di yogyakarta, saya di beri kartu NPWP. kemudian akhir tahun kemarin saya mengundurkan diri lalu menikah dan mencoba merintis usaha toko di lampung mulai bulan september ini. nah pertanyaan saya :
1. apakah kartu NPWP saya masih berlaku ?
2. apakah harus pindah daerah ? saya bertanya dengan bagian perpajakan yogya katanya pembayaran online... sedangkan saya bertanya dilampung katanya mesti buat NPWP baru... mana yang benar?
3. untuk menghemat biaya tidak perlu mengurus ke yogya apakah bisa mengurus di lampung?
thx

AIR ZAMZAM said...

Mas mau nanya nich, kita masukdi e registration kok macetnya di kode wilayah, kita search di kode wilayah nihill.... jadi tolong dikasih deh alamat yang menjelaskan mengenai kode wilayah , abisnya ketika mau ngisi kolom alamat udah nggak terdata.... maksaih.

Anonymous said...

mau nanya. jika omset perusahaan belum mencapai 600 jt, tapi sudah mengurus PKP, maka perusahaan wajib PPn gak?
jika perusahaan mempunyai 2 bidang usaha, dua pembukuan, apakah pelaporan pajaknya dipisah/gabung?
terima ksih

indonesiantax said...

@nonik: kartu NPWP nya masih berlaku selama belum minta penghapusan, tapi kalo sudah menikah dan suami punya NPWP, maka kita bisa pake NPWP suami, sedangkan NPWP yg lama minta dihapus saja.Tapi kalo tetap mau menggunakan NPWP sendiri, maka tinggal ajukan pemindahan alamat ke KPP di Lampung, thanaks
@airzamzam: diisinya mulai dari propinsi dan terus sampe kelurahan
@anonymus: kalo udah daftar sebagai PKP, maka wajib mungut PPN, sedangkan kalo ada 2 usaha untuk satu perusahaan, maka penghasilan dan biayanya tetap digabung

agung said...

Mas Mua tanya Nich Apakah Perusahaan atau Koperasi misalnya yg blm PKP tidak harus setor PPn atas penyerahn barang ke pihak ketiga/Pembeli

indonesiantax said...

to Agung : WP yg belum PKP, maka tidak boleh memungut PPN dalam melakukan penyerahan barang ke pembeli

Anonymous said...

Sy mw tax nih mas, d Indonesia skrg udah bisa cek NPWP secara online gak?
Soalx banyak skrg yg melakukan penipuan scra online dengan cara memasukkan NPWP perusahaanx yg "katax" valid...
Bagaimana cara cek kebenaranx itu mas?

Mohon infox...
Thanx...

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

Mas mau tanya: saya punya 2 penghasilan(a+b) tapi npwp saya cuma berdsarkan penghasilan a sedangkan penghasilan a jauh lbh kecil dari penghasilan b. Skrg saya lg mengajukan kpr dgn mencantumkan penghasilan a+b. Kira2 apa yg terjadi? Ditunggu jawbannya yah. Mksh

Anonymous said...

sy pengurus koperasi karyawan yg belum PKP. nilai asset 1 tahun sdh mencapai 600jt lbh. sy bermaksud akan PKP, tapi belum tau konsekuensinya apa saja. banyak yg sarankan sy agar jgn PKP dulu karna beresiko. bisa diterangkan mas?

salam
hasan

Anonymous said...

pak,teman saya bru saja mmbuka sbuah PT. bbrpa hri yg lalu, saya dminta utk mnyetorkan pajak ppn ke KPP. tp trnyata, ktika saya melapor, aplikasi ditolak. krna ktidaktahuannya, trnyata teman saya blum mndaftarkan Pt nya sbg PKP. katanya, Prusahaan yg blm mmiliki PKP..tidak boleh mngeluarkan faktur Pajak. lalu, bagaimana nasib Faktur pajak yg sudh trlanjur dikeluarkan ?
trimakasih

Mercy said...

Apakah mengurus pkp ada yg ditolak? klo ya, sebabnya apa?

Esenzi said...

Pagi tetangga datang mau ngurus npwp khawatir bayar, browsing nyangkut di sini ternyata gratis. Trims Mas buat artikelnya.

definisi NPWP said...

makasih mas ijin dijadikan referensi ya

Upi said...

mas mau tanya ,, pada kasus PT baru nih, pt tersebut memiliki npwp dan rekening di bank pada Desember 2012 , namun belum PKP dan transaksi belum ada di tahun tersebut, apakah kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh perushaan baru tsb..

Pingky said...

Saya mau tanya pak. Waktu itu saya sdh membuat NPWP badan, namun untuk PKP nya baru mau saya ajukan. Kira2 untuk dokumen yang harus dilampirkan apa saja ya. Apakah dokumen yang saya lampirkan saat membuat NPWP badan berupa FC KTP & NPWP pemegang saham, keterangan domisili, FC akta pendirian,,, harus saya lampirkan kembali atau yang kurang2 saja?

niezam said...

Mas mau tanya..kalo saya penghasilan intinya sebenarnya sebagai karyawan, tapi, kebetulan saya punya usaha sampingan berupa rental mobil, kebetulan saat baru akan melakukan kontrak kerjasama sebagai penyedia transportasi dengan salah satu perusahaan, selama ini saya hanya membayar pajak dari penghasilan saya sbg karyawan bumn, omzet saya dari rental kurang dari 500jt/thn,tetapi perusahaan yg akan bekerjasama dengan rental sy ini meminta faktur pajak dari usaha saya...maksudnya seperti apa itu ya mas?

Anonymous said...

Bismillahirahmanirrahim, mencoba bantu menjawab.
@Upi selama usaha belum dijalankan, permohonan pengukuhan PKP tidak perlu dilakukan. Cukup mendaftarkan diri sebagai Wajip Pajak Badan, dengan kata lain memiliki NPWP Wajib Pajak Badan atas PT tersebut

Darwin Sitanggang said...

Untuk meningkatkan pendapatan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berencana akan membangun cabang di beberapa lokasi seperti di Palembang, Medan, Bali, Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Bambang Budi Hendarto, Wakil Direktur Utama Japfa mengatakan, tambahan cabang tersebut akan menaikkan kapasitas produksi DOC milik Japfa hingga 30%. Tahun ini, kapasitas produksi DOC Japfa sebesar 670 juta ekor.
Saat ini Japfa telah memiliki 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Kapasitas produksi Japfa tahun ini juga tumbuh 28,8% dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 520 juta ekor.
Bambang mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan produksi seiring dengan kenaikan konsumsi ayam nasional. Senagai contoh, tahun lalu rata-rata masyarakat hanya memakan daging ayam sebanyak 7 ekor-7,5 ekor perkapita/ tahun. Tahun ini, konsumsi ayam naik menjadi 8 ekor perkapita pertahun.
Japfa merupakan salah satu produsen besar di Indonesia. Perusahaan ini telah lama malang melintang di bidang peternakan. Tahun lalu, Market share yang dihasilkan Japfa mencapai 21% dari total produksi dalam negeri yan mencapai lebih dari 2 miliar ekor.
Proses pembangunan pabrik pakan cabang tersebut akan dimulai Juli 2013. Beberapa lokasi pabrik pakan adalah di wilayah Cikande, Sragen, Makassar, Banjarmasin, Padang dan Grobogan. Dengan pembangunan pabrik baru tersebut, kapasitas terpasang pakan ternak Japfa bakal meningkat 15% pada tahun depan dibandingkan target tahun ini sebanyak 3 juta ton.
Sementara itu, untuk pangsa pakan ternak Japfa mengklaim telah menguasai 21% dari pasar pakan ternak secara nasional pada tahun lalu. Catatan saja, konsumsi pakan ternak unggas secara nasional pada tahun lalu diperkirakan mencapai 12,7 juta ton, naik 12,3% dibandingkan tahun 2011 yang hanya 11,3 juta ton.
Bagaimana pendapat Anda tentang NPWP dan PKP PT Japfa Comfeed?

Anonymous said...

berapa biaya pendaftaran PKP?

Anonymous said...

@niezam : penghasilan 600jt/thn diwajibkan PKP yang mana pihak KPP berhak menerbitkan PKP untuk perusahaan dengan omset diatas 600jt/thn...untuk pendapatan dibawah 600jt/thn,perusahaan boleh minta dikukuhkan sebagai PKP sesuai persyaratan yang ditentukan...saran saya sebaiknya anda badan usaha seperti CV atau PT agar memudahkan anda dalam menghitung PPh tahunan..

@anonymus : pendaftaran PKP tidak dipungut biaya..

Pertanyaan lainnya bisa email ke saya di nizarro@ymail.com

nyoman suwarte said...

Mas saya baru proses buat siup nehh...saya udah punya usaha percetakan, serta bisnis hasil bumi berupa rumput laut, jagung kopi dan istri sembako, dan saya mengajukan pinjaman ke bank, syaratnya siup npwp dan sertifikat, nahh saya blm punya itu, kira2 buat npwp brapa mas..? Dan brapa saya kena pajaknya npwpnya..?? Bayar pajaknya pertahun apa perbulan mas,..?? Trimakasi jawabannya mas..mohon dijawab ya mas, trmks waktunya..emile: nyomansuwarte1986@gmail.com

Anonymous said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 100 jt??

Ari said...

saya mau tanya mas, apakah Cv yg omsetnya masih dibawah 600 juta wajib mengurus pkp? lalu jika client minta faktur pajak, apakah kita wajib membayarkan pajak" sebelumnya yg rata" penghasilan msh dibawah 600 jt??

KOMENG NOTE BOOK said...

APabila perusahaan saya sudah pnya NPWP dan ingin mendaftar lagi NPWP ke daerah lain apa itu bisa? mohon petunjuk..

Arvizu said...

mas mau nanya apabila perusahaan npwpnya belum keluar apa masih ada kewajiban membayar pajak ?? dan apabila membeli barang apa masih di kenakan pajak ?? kalau masih di kenakan pajak trus pajaknya buat siapa ??

Anonymous said...

Saya saat ini sedang mengurus PKP untuk CV. Saya sudah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. Seperti NPWP, akta notaris yg sudh disyahkan, TDP, SIUP, dll. Waktu saya serahkan berkas ke loket, untuk dicek tidak ada dibilang ada yang kurang lengkap.Dan saya diminta datang untuk ketemu dgn Bpk A, tapi beliaunya sedang keluar kota. Jadi diminta datang lusa. Pas saya datang hari lusa ketemu dgn Bpk A ini katanya saya harus bayar pajak Pasal 4 ayat 2 karena status kantor masih sewa. Apakah benar demikian harus ada yg dibayar? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

pangrapuan para'da said...

annyeong,mau nanya.kapan npwp dan nppkp dinyatakan tidak berlaku lagi dan apa sanksi bagi mreka yng tdak mndaftarkan diri untuk mmperoleh npwp dn npkp.makasih

Anonymous said...

Pajak di Tempat Kita memang rumit makanya
Kita Bingung mau jadi Warga yg baik...
Semoga bisa dipermudah yaa...

Tiurma Rani said...

Mas mau tanya, bagaimana kewajiban perpajakan bagi wanita yang telah menikah tapi memilih untuk menjalankan kewajiban perpajakannya terpisah dgn suami (mempertahankan npwp lamanya)? Tolong bantu jawab ya, makasih

clara scifi said...

Mas mau tanya nih.
Bagi Perusahaan yg ingin mendaftar sbg PKP, ttp tmpt usahanya skrg msh dlm tahap pembangunan bgm ?

Apakah bisa ya ?

Tks

Tety Purnama Dewi said...

salam..
pak, saya memiliki bada usaha berbentuk CV yang menaungi 4 divisi.

divisi utama adalah lembaga pelatihan hipnoterapi
divisi kedua adalah klinik hipnoterapi
divisi ketiga adalah penyedia jasa hiburan magician, stage hipnotis dll
divisi keempat adalah jasa penyelenggaraan training untuk corporate dan public training.

pertanyaan nya adalah jika total omset belum mencapai 600jt dalam setahun, apakah yang harus saya laporkan atau lakukan ke kantor pajak?
dan apakah ada pajak yang harus saya bayar ?

terima kasih.

Tety Purnama Dewi said...

salam..
pak, saya memiliki bada usaha berbentuk CV yang menaungi 4 divisi.

divisi utama adalah lembaga pelatihan hipnoterapi
divisi kedua adalah klinik hipnoterapi
divisi ketiga adalah penyedia jasa hiburan magician, stage hipnotis dll
divisi keempat adalah jasa penyelenggaraan training untuk corporate dan public training.

pertanyaan nya adalah jika total omset belum mencapai 600jt dalam setahun, apakah yang harus saya laporkan atau lakukan ke kantor pajak?
dan apakah ada pajak yang harus saya bayar ?

terima kasih.

jasa konsultan pajak said...

tulisan serta ulasan tentang perpajakannya sangat membantu terbukti dengan banyaknya interaksi disini. kita semua pastinnya berharap akan banyak lagi ulasan tentang pajaknya pak
salam kenal pak
Arma
jasa konsultan pajak

Diana Putri said...

Thanks atas informasinya, sangat bermanfaat.

Noviar Widhayanto said...

cara liat npwp saya masih aktif atau ga gmn yah mas

jinkura said...

Maaf saya tanya..saya punya pt. Tapi belum pkp karena memang belum buat usaha selama itu saya juga tidak pernah laporan pajak pt ...sekarang saya mau buat usaha apakah syarat pembuatan pkp pakai laporan pajak

jinkura said...

Saya punya pt tapi tidak pernah buat usaha dan belum pkp,dan belum pernah laporan pajak....setelah beberapa tahun saya mau mengurus pkp...syaratnya apa ya..terimah kasih

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

Agung Fizbow W said...

Pak.. Sy mau tny...
1. Apakah npwp sy bisa digunakan istri sy utk persyaratan pembuatan AJB..
2. Apa ada perbedaan nomor npwp yg menikah dgn yg belum menikah, apakah terlihat di nomor npwp jml tanggungannya... Trims

ricardo leo said...

Halo semua,

Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya menawarkan pinjaman sebesar 2% ini adalah perusahaan yang sah dengan kehormatan dan perbedaan kami siap membantu Anda dalam masalah keuangan yang Anda kami menawarkan semua jenis pinjaman jadi jika Anda tertarik pada tawaran pinjaman ini silakan hubungi kami di email kami: rllender@hotmail.com

Juga menyediakan rincian tindak sehingga kita dapat melanjutkan dengan pinjaman segera.

nama:
Jumlah yang dibutuhkan:
durasi:
negara:
Tujuan pinjaman:
Gaji perbulan:
Nomor telepon:

Hubungi kami dengan rincian di atas pada email kami: rllender@hotmail.com

Salam untuk semua.

V Manggalih said...

Ayah saya pensiunan Dr perusahaan swasta nasional. Pada bulan september 2009 beliau pensiun .pada bulan desember 2009 ayah saya mendirikan cv lengkap dengan npwpx dn srt pengukuhan kena pajak pkp .ayah saya sebagai pengurus yaitu komisaris snek direktur adalah anaknya. Pertanyaan nya.... apakah ayah saya perlu mengubah surat keterangan terdaftar npwp dr karyawan menjadi pengusaha?

nosi alloncy said...

Mau nanya.. kalau saya mau buka toko.. dan transaksi jual beli barang tgl 1 nov 2015. Tp pengukuhan pkp tanggal 2 nov 2015.. apakah bisa kami lapor pajak ppnnya?

Lady Mia said...

Selamat Tahun Baru semuanya,

Nama saya Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena buruk ekonomi di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan seorang teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda SANDRAOVIALOANFIRM kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

widaya said...

Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

Heri Budiman said...

«KISAH SUKSES HERI »
Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang properti, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, istri pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

RITUAL ANGKA TOGEL